Sabtu, 18 Mei 2019

BUSINESS MODEL CANVAS

CONTOH BUSINESS MODEL CANVAS "JCO"

A.Pengertian Business Model Canvas
   
       Business Model Canvas pertama kali dikembangkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation. Dan dalam buku Business Model Generation ini, menjelaskan Konsep model bisnis yang dikembangkan oleh Alexander Osterwalder, berhasil mengubah konsep model bisnis yang rumit menjadi sederhana dan mudah dimengerti. Alexander Osterwalder mencoba mempresentasikan elemen-elemen yang terdapat dalam sebuah model bisnis, yang terdiri dari 9 elemen model bisnis yang disebut sebagai 9 building blocks.
     Business Model Canvass adalah sebuah alat (tools) yang digunakan untuk mensederhanakan konsep model bisnis yang rumit agar dapat dimanfaatkan oleh sebuah organisasi atau wirausahawan untuk membuat, dan memahami strategi bisnis yang didesain lalu dikerucutkan beberapa aspek bisnis menjadi satu strategi.

       Adapun 9 building blocks atau elemen dasar dalam mendesain model bisnis, diantaranya adalah :
  • Customer Segments
  • Value Propositions
  • Channels
  • Customer Relationships
  • Revenue Streams
  • Key Activities
  • Key Resources
  • Key Partnerships
  • Cost Structure


1.      Customer Segments

         Dalam menjalankan bisnis, pertama-tama organisasi harus menetapkan siapa yang harus dilayani. Elemen pertama ini membuat kita harus menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis kita . Organisasi dapat menetapkan untuk melayani satu atau lebih segmen. Penetapan segmen ini akan menentukan komponen-komponen lain dalam model bisnis. Misalkan dalam sebuah restaurant terdapat 2 makanan yang berbeda,  untuk memenuhi segmen pelanggan yang berbeda atau perusahaan farmasi membuat 2 obat untuk memenuhi kebutuhan 2 segmen pelanggan yang berbeda.

Customer Segments dari J.CO Donuts and Coffee adalah
  • Semua umur (kecuali batita)
  • Semua kalangan menegah sampai keatas
  • consument yang menggemari donuts
  • consument yang menggemari aktivitas sosial seperti hanging out di kafe
  • consument yang menggemari makanan dan minuman dengan brand premium
  • Remaja
  • umur 18-45 tahun kelas menengah
2.      Value Proposition

     Value propositions membahas mengenai manfaat atau benefit apa yang akan didapatkan para pelanggan jika memilih bisnis kita, nilai apa yang menjadi pembeda dibandingkan produk/jasa perusahaan kita, baik yang menjadi kekuatan atau keunggulannya. Hal ini menjadi kesempatan bagi kita untuk menjabarkan kekuatan dan keunggulan yang membedakan bisnis kita dengan bisnis yang lain.

Value propositiom dari J.CO Donuts and Coffee adalah
  • Brand
Jco memiliki konsep bagaimana menciptakan merek yang simpel, elegan, mudah diingat, dan memiliki logo yang unik.
  • Experience
Jco tidak hanya menjual donat ataupun minuman, tapi menjual expereince dimana dapat menikmati donat dan minuman di tempat yang nyaman untuk bersantai dan mengobrol serta produk variatif yang selalu up to date. Seperti tagline-nya yaitu a Sharing The J.CO Way.
  • Product
Donat dari Jco bentuknya tipis,lembut, dari ukuran dan bentuknya,  donat Jco lebih cocok disebut camilan atau makanan ringan. Selain itu, topping yang ditawarkan merupakan topping yang berbeda dari donat yang pernah ditawarkan di Indonesia. J.CO menawarkan kopi yang berkualitas tinggi, Untuk produk J.Cool (frozen yoghurt), J.CO memiliki rasa frozen yoghurt lebih manis dan harganya lebih murah dengan pilihan topping yang lebih beragam.

3.      Channels

        Channels menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi untuk menyampaikan value propositions dengan segmen pelanggannya dan menjangkau mereka untuk memberikan preposisi nilai yang ditawarkan.

Channels dari J.CO Donuts and Coffee adalah:
  • Jco memiliki 85 cabang di Indonesia, 8 di Malaysia, 3 di Singapore, dan 2 di China
  • Web resmi Jco
  • Iklan
  • contact customer service untuk pengaduan    
  • aplikasi Go-Jek (Go-Food)
4.      Customer Relationship
 
    Elemen yang keempat ini membahas mengenai bagaimana jalinan hubungan kita dengan pelanggan. Perlu pengawasan yang ketat dan intensif agar pelanggan bisnis kita tidak mudah berpaling mau pun lebih memilih ke bisnis yang lain hanya karena etika perushaan yang menyebabkan jalinan hubungan yang kurang baik terhadap pelanggan.

Customer Relationship dari J.CO Donuts and Coffee adalah:
     
      Dalam membangun hubungan dengan pelanggannya, J.CO Donuts and Coffee, memanfaatkan strategi customer experience. Strategi marketing ini merupakan model pemasaran yang mengikuti customer equity. Dan J.CO juga membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengadakan berbagai event tematik seperti mengadakan lomba untuk anak sekolah, selain itu  J.CO juga menyelenggarakan kegiatan amal, dimana murid-murid terlibat menjual donat yang keuntungannya disumbangkan untuk amal, dan J.CO memiliki komunitas-komunitas pencinta J.CO.

5.      Revenue Streams
     
        Aliran pendapatan adalah salah satu tujuan utama dari sebuah bisnis. Sehingga elemen yang satu ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Jangan sampai terjadinya bahan baku, produk atau kinerja tidak dikelola dengan baik atau tidak maksimal mengakibatkan kerugian pada bisnis.

Revenue Streams dari J.CO Donuts and Coffee adalah:
       
         Selain dari donat, J.CO juga mendapatkan pendapatan  dari penjualan produk lainnya yaitu kopi dan frozen yoghurt. Selain dari produk makanan dan minuman, J.CO juga menjual beberapa merchandise. J.CO juga membuka gerai yang berada di area hiburan seperti mall.  Hal tersebut turut memberikan  pertambahan pendapatan dari J.CO.

6.      Key Activities
   
     Key Activities adalah kegiatan utama organisasi untuk dapat menciptakan Proposisi Nilai. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menjalankan kegiatan yang wajib untuk jalannya perusahaan.

Key Activities dari J.CO Donuts and Coffee adalah:
  •  Aktivitas membuat tepung premix di laboratorium khusus J.Co
  • Inovasi dalam mengeluarkan produk donat baru setiap bulannya
  • Aktivitas memberika topping pada donat sangat penting
  • Pemilihan kopi yang baik
  • Aktivitas Quality Assurance
  • Aktivitas CSR
  • Aktivitas CSR
  • Aktivitas proses rekrutmen dan training
7.      Key Resources 
       
       Key Resources adalah mewujudkan tujuan bisnis dari perusaan tersebut, dengan cara mengelola sumber daya bisnis tersebut semaksimal mungkin. Seperti sumber daya manusia, ataupun bahan baku, penataan SDM dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat model bisnis.

Key Resources dari J.CO Donuts and Coffee adalah:
  • Human Resources Development
  • Pegawai bagian quality assurance
  • Store manager
  • Pekerja J.co
8.      Key partnership

    Key partnership adalah pihak-pihak yang bisa Anda ajak kerjasama dengan tujuan untuk menyokong dan mengoptimalkan alokasi sumber daya, mengurangi resiko dan ketidakpastian persaingan, serta meningkatkan kinerja. Key partnership yang baik akan membentuk siklus bisnis yang lebih stabil.

Key partnership dari J.CO Donuts and Coffee adalah:
  • Supllier bahan baku
  • Tepung premix yang digunakan untuk meracik merupakan tepung yang diracik di laboratorium pusat J.CO dan sudah berisi bahan-bahan rahasia. Untuk hal ini J.CO bekerjasama dengan PT Kurnia Mitra Duta Sentosa (PT KMDS)
  • mengimpor coklat dari Belgia, keju dari New Zealand, almond dari California, kopi dari Brazil, Kolombia, Kosta Rika, Guatemala dan Indonesia dan green tea dari Jepang.
  • margarin yang sama disetiap gerainya. Margarin ini di supplai dari PT Sinar Meadow International Indonesia.
  • Breadtalk menjadi main partner dari Jco, karena BreadTalk masih di bawah perusahaan Jco juga.
9.      Cost Structure

      Cost Structure adalah struktur pembiayaan bisnis. Misalnya seperti biaya-biaya apa saja yang harus Anda keluarkan. Sebagai contoh, membayar biaya pegawai, biaya telepon, biaya operasional, pajak dan lain sebagainya.

Cost Structure dari J.CO Donuts and Coffee adalah:
  • Investasi
  • fixed cost
  • variable cost
  • overhead cost
  • economic of scale

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UTS - MANAJEMEN JARINGAN MOBILE - 20170801178 - RIA AGUSTIN ARIYANTI

 Nama   : Ria Agustin Ariyanti  Nim      : 20170801178 Matkul : Manajemen Jaringan Mobile